Home > Akhir Zaman > Tinjauan Bibel: Antikristus 666

Tinjauan Bibel: Antikristus 666

29 September 2011 Leave a comment Go to comments

Angka 666 disebutkan dalam kitab wahyu 13:17–18 dari teks yunani:

17 καὶ ἵνα μή τις δύνηται ἀγοράσαι ἢ πωλῆσαι εἰ μὴ ὁ ἔχων τὸ χάραγμα, τὸ ὄνομα τοῦ θηρίου ἢ τὸν ἀριθμὸν τοῦ ὀνόματος αὐτοῦ. 18 ὧδε ἡ σοφία ἐστίν• ὁ ἔχων νοῦν ψηφισάτω τὸν ἀριθμὸν τοῦ θηρίου, ἀριθμὸς γὰρ ἀνθρώπου ἐστίν• καὶ ὁ ἀριθμὸς αὐτοῦ ἑξακόσιοι ἑξήκοντα ἕξ.[1]

angka yang dimaksud adalah 3 kata terakhir (hexakósioi hexēkonta héx), yang berarti “six hundred sixty-six”. Terjemahan dalam Bibel The King James Version:

And that no man might buy or sell, save he that had the mark, or the name of the beast, or the number of his name. Here is wisdom. Let him that hath understanding count the number of the beast: for it is the number of a man; and his number is Six hundred threescore and six.

Antikristus merupakan satu dari sekian figur Alkitab yang paling populer dan banyak dibahas. Sosoknya begitu menarik sehingga keluar pagar kekristenan dan memasuki budaya umum secara keseluruhan. Alkitab membicarakannya, tetapi tetap saja ia menjadi sosok misterius. Bahkan sudah berabad-abad, tidak terhitung pribadi atau lembaga yang mendapat kehormatan menjadi antikristus. Mulai dari paus, kaisar, tokoh reformasi sampai pada sistem kepercayaan, pemerintahan, penyakit, maupun karya seni. Bila mereka ternyata akhirnya mati atau tidak ada lagi, orang berpura-pura lupa. Bahkan kadang sekedar berkata, “Ternyata bukan dia” ketika orang yang mendapat tuduhan itu akhirnya mampus di tiang gantungan.

Para ahli nubuatan berusaha keras memahami makhluk ini. Apa kemampuannya? Darimana datangnya? Bagaimana mengenalinya melalui tiga angka terkenal itu – 666? Bagaimana caranya ia naik tampuk kekuasaan dan menyatukan ekonomi global dengan satu sistem mata uang? Bagaimana satu orang bisa memimpin seluruh dunia dan membuat dunia menyembahnya sebagai Tuhan? Mereka akhirnya hanya bisa berkata, “Itu pertanyaan-pertanyaan yang hanya bisa bisa dijawab bila antikristus sudah datang.”

Sebuah film yang pertama kali diproduksi tahun 1976 membuat tokoh ini makin terkenal. Bahkan pada tahun 2006, tepatnya tanggal 6 Juni 2006 jam 06:06:06 remake-nya yang berjudul “The Omen: 666” mulai dilepas di pasaran. Bercerita tentang Damien, seorang anak yang lahir sebagai putra diplomat. Banyak hal aneh terjadi dengan anak ini, termasuk pengasuh yang bunuh diri pada hari ulang tahunnya, sehingga pengasuh baru datang. Seorang yang ternyata dikirim untuk menjaga seorang anak setan. Seorang pastor mengungkapkan fakta anak setan ini kepada si ayah, tetapi ia menolak membunuh Damien. Walaupun demikian, setelah melihat tanda lahir berupa angka 666 di kepala anaknya, ia tidak punya pilihan selain membawa anaknya ke gereja untuk dibunuh. Sayangnya gagal karena pada saat mau melakukannya, ia tertembak seorang petugas. Damien selamat sehingga filmnya berakhir dengan senyuman anak setan yang sedang memegang tangan presiden Amerika Serikat.

Kata antikristus hanya muncul lima kali dalam Alkitab, walaupun demikian, konsepnya terpatri kuat dalam bagian Alkitab yang sering disebut literatur apokaliptik. Kata ini juga tidak bisa diabaikan begitu saja oleh buku-buku yang membahas masalah nubuatan atau apapun yang berhubungan dengan masa yang akan datang.

Sebuah kata yang berasal dari kata Yunani antichristos. Anti bisa berarti “pengganti” tetapi bisa juga berarti “melawan” atau “menentang.” Hanya muncul di Perjanjian Baru, semuanya dalam tulisan Yohanes (1 Yoh 2:18,22; 4:3; 2 Yoh 1:7). Muncul baik dalam bentuk jamak maupun dalam bentuk tunggal, sehingga beberapa orang menyimpulkan bahwa Yohanes berbicara tentang dua antikristus. Antikristus yang banyak dan sudah datang serta antikristus yang hanya satu, yang akan datang.

Murid Yesus ini juga mengindentifikasikan apa yang telah dilakukan antikristus, yaitu memakan habis persekutuan antara orang percaya serta menyisipkan kebohongan kedalam kebenaran. Antikristus jenis ini dapat dilihat melalui penolakan terhadap Bapa dan Anak (Yoh 2:22); pengajaran doktrin palsu berupa penolakan Yesus sebagai Kristus, Anak Allah; serta penolakan terhadap doktrin reinkarnasi – “bahwa Yesus Kristus telah datang sebagai manusia” (2 Yoh 1:7).

Selain antikristus, ada pseudochristos yang hanya muncul dua kali dalam Injil, tetapi jelas memiliki hubungan dengan antikristus (Mat 24:24; Mark 13:22). Awalan pseudo berarti “palsu”, “tipu daya”, atau “pura-pura”. Yesus sendiri yang mengucapkan kata ini dalam khobahnya yang merujuk nubuatan Daniel tentang akhir jaman (Mat. 24:15; Mark 13:14). Ia berkata, “Sebab Mesias-mesias palsu [pseudochristoi] dan nabi-nabi palsu akan muncul dan mereka akan mengadakan tanda-tanda yang dahsyat dan mujizat-mujizat, sehingga sekiranya mungkin, mereka menyesatkan orang-orang pilihan juga.” (Mat 24:24).

Ada sebuah istilah yang sulit dipisahkan dalam pembahasan tentang antikristus, apokaliptik. Sebuah kata Yunani yang berarti “menyingkapkan” atau “membukakan”, merujuk sesuatu yang sebelumnya tersembunyi tetapi kini telah tersingkap. Sastra apokalipsis umumnya mengandung gambaran sebuah dunia khayalan atau mimpi gaib dan menakjubkan; berupa binatang-binatang dengan tanduk yang panjang-panjang, ular-ular naga yang menyembur-nyemburkan api, bisa juga berupa gambaran malapetaka yang akan datang. Beberapa bagian Alkitab, seperti kitab Daniel dan Wahyu termasuk dalam kategori ini.

Dalam literatur apokaliptik, terutama Daniel 11 dan Wahyu 13, jelas bahwa seorang pribadi akan muncul pada titik puncak sejarah. Ia mendapat kekuatan dari Setan untuk memimpin manusia kedalam penentangan terhadap Allah dan umat-Nya. Pribadi inilah yang nantinya terkenal sebagai antikristus.

Categories: Akhir Zaman
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: