Home > Realita > Polemik Aktivasi Otak Tengah

Polemik Aktivasi Otak Tengah

Pelatihan ini “mirip penipuan”. Hingga hari ini, tidak ada satu pun siswa yang berani mengambil beasiswa Rp 25 juta sesuai yang ditawarkan di buku “Membongkar Aktivasi Otak Tengah”, pertanda apakah ini?

Tentu kita sering mendengar ada seseorang yang mampu melakukan sesuatu dengan mata tertutup seperti membaca, bersepeda, dll. Tidak hanya itu, jika kita melongok ke website2 perguruan tenaga dalam bahkan website rekor muri dan melakukan search ‘rekor mata tertutup’ kita akan menemukan setidaknya 5 rekor yang dilakukan dengan mata tertutup. Namun sesungguhnya tidak ada satu rekor pun di guiness world of record ataupun ripleys yang menunjukkan seseorang mampu membaca dengan mata tertutup. JREF selama lebih dari 10 tahun menawarkan 1 juta dollar bagi siapapun yang bisa membuktikan mampu melakukannya dan tidak ada yang bisa mendapatkannya termasuk merpati putih dan puluhan institusi lain. Eso TV dan institusi lain masih menawakan 10.000 US$ kepada siapapun yang mampu melakukan hal ini. Tidakkah janggal apabila di antara ribuan orang di indonesia yang tertangkap kamera mampu malakukan menggambar/bersepeda/naik motor dengan mata tertutup tidak ada yang mau mengambil hadiah-hadiah bergengsi tersebut? Atau karena sebenarnya mereka tidak bisa?

Aktivasi otak tengah merupakan bentuk pelatihan yang konon mengaktifkan ‘fungsi otak tengah’ sehingga otak kanan dan kiri bisa seimbang. Sebagai bonus dan indikator telah aktifnya otak tengah mereka mengklaim bisa melakukan blind reading (membaca dengan mata tertutup). Meskipun disebut sebagai bonus, anehnya malah ini yang digembar-gemborkan dan semua foto, dokumentasi, serta video mereka hanya menyajikan orang-orang yang tampak sedang melakukan berbagai aktivitas dengan mata tertutup.

Ternyata, pelatihan ini sangat ‘mirip’ dengan metode pelatihan Bronnikov (bronnikov method) yang sudah berkembang di Rusia sekitar 5 tahun lalu. Kenyataannya, Bronnikov terbukti merupakan penipuan berkedok science (pseudoscience). Metode tersebut telah dibongkar sebagai penipuan oleh James Randy yang merupakan mantan pesulap ternama yang akhirnya mendedikasikan dirinya untuk ilmu pengetahuan. Dia membongkar beberapa praktek penipuan spiritual, psikokinetik, dll. Ulasannya tentang Bronnikov method dapat dilihat di sini.

 

10 pertanyaan yang tidak bisa dijawab oleh GMC

Pertanyaan tersebut diposting seseorang di wall dokter GMC dan dr. Meigiri (dokter GMC) merespon pertanyaan tersebut sebagai berikut.

Beberapa informasi tambahan dapat dilihat dalam film dan buku berikut.

Categories: Realita
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: