Home > Realita > Outer Journey

Outer Journey

Awal Perjalanan: Planet Bumi
Kita hidup di sebuah planet, satu di antara 8 planet dari sistem tata surya kita. Bumi bersama planet-planet lainnya berputar mengorbit sebuah bintang yang dinamakan matahari. Matahari hanyalah satu dari di antara 400 milyar bintang dalam galaksi Bima Sakti, ada yang lebih besar, dan ada yang lebih kecil dari matahari kita. Tapi mereka semua adalah bintang dengan planet-planet mengorbit mengelilinginya, seperti juga tata surya kita.

Melihat kenyataan ini, sukar rasanya untuk membayangkan bahwa bumi adalah satu-satunya planet dengan mahluk hidup. Rasanya sangat mungkin di luar sana ada planet yang mirip dengan bumi, dan juga memiliki peradaban kehidupan yang cerdas. Galaksi kita hanyalah satu dari sekian banyak galaksi di alam ini.

Sebelum melanjutkan membaca tulisan ini dan “melakukan outer journey” (menjelajahi angka), ada baiknya lebih dulu kita bacakan tasbih, betapa Allah SWT Maha Hebat dalam ciptaan-Nya yang demikian dahsyat, subhanallah ….

Pesawat: Hubble Space Telescope
Teleskop angkasa Hubble adalah sebuah teleskop luar angkasa yang berada di orbit bumi. Hubble diangkasakan untuk pertama kalinya pada tanggal 25 April 1990. Hubble sangat banyak membantu para ilmuwan dalam mempelajari, mengobservasi, dan memahami tentang jagad raya, objek luar angkasa. Selain itu, Hubble juga banyak mengirimkan gambar-gambar yang menakjubkan tentang kejadian-kejadian di luar angkasa seperti supernova, lahirnya bintang, dan tabrakan bintang, dan yang paling spektakuler: Galaksi Messier 101 (M-101). Dari hasil pengamatan teleskop inilah kita bisa melihat betapa menakjubkan dan luasnya alam semesta ini.

click to enlargeHubble Deep Field adalah gambaran yang akan membantu kita melihat betapa besar alam semesta ini. Di bulan September 2003, Hubble kembali melakukan pengamatan selama 11 hari. Para astronom memodifikasi kamera hubble dan mengganti peralatannya dengan yang jauh lebih canggih, dan memaksa hubble untuk bekerja sampai dengan batas maksimal kemampuannya! Dan kali ini, mereka menemukan gambar ini.

Foto tersebut mewakili apa yang sanggup dilihat oleh manusia sampai dengan jarak yang terjauh. Ada lebih dari 10,000 Galaksi didalam Photo itu. Setiap titik, noda, garis, bahkan yang tidak jelas bentuknya adalah galaksi dan tiap titik-titik itu, memiliki milyaran bintang! Setiap bintang itu, mungkin serupa dengan matahari, dengan banyak planet mengelilinginya. Dan mungkin saja salah satu diantara milyaran planet itu, memiliki kehidupan…

Inilah yang kita lihat di langit yang sepertinya kosong itu, inilah foto dari alam semesta hingga jarak 78 milyar tahun cahaya. Inilah gambaran betapa kecil dan tidak beartinya kita. Dan inilah foto paling penting dalam sejarah umat manusia.

Transit 1: Galaksi Bima Sakti
Masyarakat Barat menyebutnya “milky way” sebab mereka melihatnya sebagai pita kabut bercahaya putih yang membentang pada bola langit. Nama tersebut berasal dari bahasa Latin Via Lactea, yang diambil lagi dari bahasa Yunani: Galaxias yang berarti “susu”. Galaksi tempat tinggal kita ini berbentuk spiral, dengan panjang sekitar 100,000 tahun cahaya, dan lebar 1,000 tahun cahaya.

Apa yang dimaksud tahun cahaya? Berikut penjelasannya:
1 detik cahaya merambat sekitar 300.000 km. Itulah yang menjadi titik awal dibentuknya satuan Tahun Cahaya. Jadi apabila jarak atar galaksi adalah 1 Tahun Cahaya, jarak tersebut jika dinyatakan dalam kilometer adalah:
1 hari = 86.400 detik
1 tahun = 31.536.000 detik
Maka,
1 tahun cahaya = 300.000 X 31.536.000 km atau = 9,460,800,000,000 km.
Itulah arti sebenarnya satuan Tahun Cahaya.

Diperkirakan ada sekitar 100-400 milyar bintang dalam galaksi ini. Namun hanya sekitar 2,500 buah yang dapat diamati dari bumi. Tata surya kita, dengan pusatnya matahari, berjarak sekitar 27,700 tahun cahaya dari pusat galaksi. Galaksi kita ini usianya 13.7 Milyar tahun.

Bumi dan planet lain dalam tata surya kita berevolusi mengelilingi matahari, dan begitu pula matahari dan seluruh tata surya kita ini bersama dengan milyaran tata surya lainnya pun berevolusi mengelilingi pusat galaksi Bima sakti, dengan kecepatan 600 km/detik (2,200,000 km/jam). Dengan kecepatan luar biasa itupun, matahari butuh waktu 250 Juta Tahun untuk menyelesaikan 1 kali masa Revolusi. Seperti bumi yang berotasi 24 jam, galaksi bima sakti juga berotasi dengan kecepatan 970,000 kilometer/jam. Alam semesta kita ini bergerak dengan suatu sistem rotasi dan revolusi yang unik.

Perhatikan gambar di atas. Itu peta galaksi bima sakti, dan titik kecil bertuliskan “Our Solar System”, itu adalah tata surya kita, dengan matahari sebagai pusatnya yang berjarak sekitar 25,000 tahun cahaya dari pusat Bima Sakti. Di tengah pusat galaksi, ada kumpulan gas terang yang diduga terdapat Supermassive Black Hole.

Transit 2: Supermassive Black Hole
Hampir semua galaksi memiliki black hole di pusatnya, termasuk galaksi kita. Black Hole pada galaksi Bima Sakti dinamakan Sagittarius A (lihat poto diatas). Besarnya black hole ini mencapai 4 milyar kali besar Matahari. Meski namanya Black hole (lubang hitam), bukan berarti warnanya hitam, justru Black hole ini cukup terang untuk bisa diamati melalui teleskop Hubble. Black hole memiliki kekuatan gravitasi yang sangat besar, sehingga ia akan menghisap masuk apapun yang berada di dekatnya, bahkan cahaya sekalipun. Inilah sebabnya dinamakan black hole, karena bahkan cahaya (yang merupakan zat tercepat di alam semesta ini) bahkan tidak bisa lolos dari hisapan gaya gravitasinya. Kalau diilustrasikan, kira-kira seperti ini bentuk black hole:

Yang menakutkan dari black hole adalah dia akan menghisap dan menelan apapun yang berada dalam jangkauan gaya gravitasinya, dan benda ini juga semakin bertambah besar dari masa ke masa seiring dengan banyaknya benda langit yang ditelannya. Ini sebabnya ada orang yang memperkirakan bahwa kiamat akan terjadi dengan membesarnya black hole sampai pada ukuran dimana ia sanggup menelan seluruh tata surya kita.

Kita sudah tau betapa besarnya galaksi kita ini, namun ternyata ukuran galaksi kita belum ada apa-apanya dibandingkan dengan temuan Pierre Mechain pada 27 Maret 1781: Messier 101.

Transit 3: Messier 101

Galaxy ini bernama messier 101, atau dikenal dengan nama “pinwheel galaxy”. Pada tanggal 28 Februari 2006, NASA dan ESA merilis sebuah gambar yang sangat rinci dari Pinwheel Galaxy, yang merupakan gambar terbesar dari sebuah galaksi yang pernah dihasilkan oleh Hubble Space Telescope pada waktu itu.

Jarak Messier 101 dari bumi adalah sejauh 27 juta tahun cahaya. Panjangnya mencapai 170,000 tahun cahaya, atau 70% lebih besar daripada galaksi bima sakti. Kalau black hole di pusat galaksi kita ukurannya sebesar 4 milyar kali matahari, maka black hole di pusat Messier 101 adalah sebesar 30 milyar kali matahari.

Renungan…
Sesungguhnya Tuhan kamu ialah Allah Yang menciptakan langit dan bumi dalam enam masa, kemudian Dia bersemayam di atas ‘Arsy untuk mengatur segala urusan. Tiada seorangpun yang akan memberi syafa’at kecuali sesudah ada izin-Nya. (Dzat) yang demikian itulah Allah, Tuhan kamu, maka sembahlah Dia. Maka apakah kamu tidak mengambil pelajaran? (Q.S. Yunus, 10:3).

Kita hanyalah setitik debu, dari 6.9 milyar penduduk bumi. Tapi bumi kita sendiri, hanyalah setitik debu dalam sistem tata surya kita dengan pusatnya, Matahari. Matahari dan sistem tata surya kita inipun hanyalah setitik debu,
dari 400 milyar bintang dan milyaran tata surya lainnya dalam Galaksi Bima Sakti. Dan Galaksi Bima Sakti ini juga tidak lebih dari setitik debu dari alam semesta yang maha luas. Lalu apalah artinya manusia dibanding semua ini?

Categories: Realita
  1. 26 December 2011 at 1:33 PM

    Thankyou for helping out, excellent info .

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: