Home > Islam > Apakah Hanya Islam yang Diterima?

Apakah Hanya Islam yang Diterima?

Allah SWT berfirman, “Barangsiapa mencari agama selain agama Islam, maka sekali-kali tidaklah akan diterima (agama itu) daripadanya” (Q.S. Ali Imran, 3:85). Di ayat yang lain Allah SWT menegaskan, “Sesungguhnya orang-orang mu’min, orang-orang Yahudi, Shabi’in, dan orang-orang Nasrani, siapa saja (di antara mereka) yang benar-benar saleh, maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati” (Q.S. Al Maidah, 5:69).

Jika kedua ayat tersebut dibaca sekilas, maka akan ada kesan “pertentangan”; jika hanya agama Islam yang akan diterima, lalu bagaimana memahami ayat kedua (Q.S. Al Maidah:69) yang menyatakan bahwa tidak ada kekhawatiran dan tidak perlu bersedih hati bagi orang-orang Yahudi, Shabi’in, dan Nasrani?

Sesungguhnya, jika diperhatikan dengan seksama, tidak ada pertentangan sama sekali di antara kedua ayat tersebut. Hal itu karena ayat mengenai Islam (Q.S. 3:85) turun setelah risalah Islam disampaikan kepada orang-orang yang Allah gambarkan di ayat kedua (Q.S. 5:69), maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati.

Allah SWT menyebutkan ash shabi’ah di antara mereka. Ketika as shabi’ah ini disebutkan, yang terlintas di pikiran adalah orang-orang yang menyembah bntang. Namun kenyataannya, istilah ini mencakup semua orang yang jatuh ke dalam syirik setelah sebelumnya berada di antara pemeluk tauhid. Maka as shabi’ah sebalumnya adalah orang-orang muwahidun, namun kemudian mereka berbalik kepada syirik dan menyembah bintang. Maka orang-orang yang dimaksud di dalam ayat tersebut mengacu pada orang-orang yang beriman di antara mereka, yaitu yang berpegang teguh kepada tauhid.

Sebelum dakwah Islam datang, orang-orang seperti Yahudi dan Nasrani juga disebutkan dalam golongan yang sama sebagai as shabi’ah. Oleh karena itu, ia mengacu pada orang-orang di antara mereka yang mengerjakan agama mereka pada masa mereka. Namun setelah Allah SWT mengutus Rasulullah SAW, dakwah Islam disampaikan kepada ketiga jenis manusia: yahudi, nasrani, dan as shabi’ah, maka tidak diterima dari mereka kecuali Islam.

Tegasnya, firman Allah SWT, “Barangsiapa mencari agama selain agama Islam” mengacu pada masa setelah Islam disampaikan kepada mereka melalui lisan Rasulullah SAW dan setelah dakwah Islam sampai kepadanya. Maka pada saat itu, tidak ada yang diterima selain Islam.

Adapun bagi orang-orang yang mati sebelum diutusnya Rasulullah SAW atau orang-orang yang hidup di muka bumi pada hari ini tetapi dakwah Islam belum sampai kepada mereka atau dakwah Islam telah sampai kepada mereka tetapi dalam keadaan menyimpang dari kebenaran dan keadaan asalnya (seperti al Qadiyani yang menyebar di wilayah Eropa dan Amerika), maka orang-orang ini dapat dikategorikan menjadi dua:

  • Kategori pertama menyangkut orang-orang yang tetap di atas agama mereka yang murni dan berpegang teguh dengannya, maka di sinilah ayat, “Maka tidak ada kekhawatiran terhadap mereka dan tidak (pula) mereka bersedih hati” harus dipahami.
  • Kategori kedua terdiri dari orang-orang yang menyimpang dari agama Islam, sebagaimana keadaan banyak muslim sekarang ini, maka hujjah ditegakkan atas mereka.

Adapun bagi orang-orang yang belum sampai kepada mereka dakwah Islam sama sekali, baik setelah kedatangan Islam atau sebelumnya, maka orang-orang tersebut akan mendapatkan perlakuan khusus di hari kiamat. Dan Allah SWT mengutus kepada mereka seorang rasul yang akan menguji mereka, sebagaimana manusia diuji di kehidupan dunia. Maka barangsiapa menjawab dakwah rasul itu pada hari kiamat dan menaatinya akan masuk surga dan barangsiapa yang menentangnya akan masuk neraka.

sumber: Yang Wajib dalam Menafsirkan Alquran, Muhammad Nashiruddin al Albani

Categories: Islam
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: