Home > Islam > Di Balik Nama Muhammad

Di Balik Nama Muhammad

11 February 2012 Leave a comment Go to comments

Kata “Muhammad” dibentuk oleh huruf mim, ha, mim, dan dal. Jika kita gabungkan huruf-huruf tersebut, maka akan terbentuk sebuah sekesta rangka tubuh “manusia”. Sudah maklum adanya bahwa sebaik-baik mahluk yang diciptakan oleh Allah SWT di alam semesta ini adalah “manusia” dengan kelebihan aqalnya, sementara mahluk-makhluk lain yaitu hewan, tumbuhan, dan benda-benda angkasa yang penuh rahasia.

Bentuk kaligrafi huruf-huruf pembentuk kata “Muhammad”  yang digabungkan juga akan membentuk sketsa layaknya manusia yang sedang sujud dalam shalat. Dalam ritual shalat, sujud merupakan inti dari semua rukun-rukunnya, karena pada saat sujudlah manusia menundukkan 8 bagian tubuhnya di bumi sebaga bukti kepasrahan total kepada Allah SWT, Sang Maha Pencipta.


Imam Muslim meriwayatkan dari Jubair bin Mut’im RA bahwa Nabi SAW bersabda: “Sesungguhnya saya mempunyai nama-nama, saya Muhammad, saya Ahmad, saya Al-Mahi, yang mana Allah menghapuskan kekafiran karena saya, saya Al-Hasyir yang mana manusia berkumpul di kaki saya, saya Al-Aqib yang tidak ada Nabi setelahnya.
Kata “Ahmad”, jika kita cermati satu-persatu hurufnya, maka huruf-huruf itu akan menggambarkan sosok orang yang sedang melakukan shalat. Shalat merupakan sebaik-baik doa dan ibadah yang pernah diperintahkanNya.

Betapa rahasia Allah sangat menggetarkan hati, kita yakin masih banyak tersirat rahasia-rahaisa lain di balik sosok, nama, dan semua yang berkaitan dengan sang kekasih sejati ‘Habibullah: Muhammad’.

Categories: Islam
  1. No comments yet.
  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

