Home > Islam > Simbol Hari Kasih Sayang dalam Alquran

Simbol Hari Kasih Sayang dalam Alquran

13 February 2012 Leave a comment Go to comments

Simbol hati yang biasanya diidentikkan dengan kasih sayang telah tertanam dalam Alquran sejak diturunkan 15 abad yang lalu. Bahkan lambang hati ini terdapat di setiap juz Alquran. Apakah makna yang terkandung dalam fenomena ini?

Wahyu yang diturunkan kepada Nabi Muhammad SAW disusun dengan metode tertentu yang kemudian menjadi surat-surat yang lengkap. Misalnya, wahyu pertama yang diterima Nabi Muhammad SAW dijadikan 5 ayat pertama surat Al ‘Alaq yang merupakan surat ke 96 dalam Alquran. Jadi, berbeda dengan kitab-kitab sebelumnya yang disusun berdasarkan kronologi turunnya waktu, maka Alquran disusun dengan format yang sama sekali berbeda.

Titik terang penjelasan mengenai hal ini mulai dibuka dengan munculnya ciri-ciri lain dalam Alquran yang kemudian dikenal dengan istilah ‘ijaz adadi atau mukjizat bulangan/angka yang pertama kali dipublikasikan oleh Rasyid Khalifa pada 24 Januari 1973 di majalah terbitan Mesir, Akher Sa’a. Publikasi ini mengawali publikasi-publikasi lain tentang pola-pola numerik yang ditemukan dalam Alquran.

Apabila pola-pola numerik tersebut diplot dalam sebuah sistem koordinat, ternyata muncullah citra yang merepresentasikan pola numerik tersebut. Contoh yang paling mudah adalah melihat pola numerik setiap juz di dalam Alquran. Misalnya, juz 1 terdiri dari surat Alfatihah (nomor surat 1 ayat 1-7) dan surat Albaqarah (nomor surat 2 ayat 1-141). Apabila setiap pasangan nomor surat (NS) dan nomor ayat (NA) dimasukkan dalam sebuah tabel, maka akan diperoleh tabel seperti gambar di samping.

Selanjutnya, dengan memetakan NS dan NA menggunakan fasilitas pembuat grafik yang umum ada di setiap program spreadsheet (Microsoft Excel atau OpenOfficeCalc) dengan model grafik radar, akan diperoleh gambar berikut.

Teknik pemetaan seperti ini disebutkan dalam surat Alhadid, 57:12


Pada hari ketika kamu melihat orang mukmin laki-laki dan perempuan, sedang cahaya mereka bersinar di hadapan dan di sebelah kanan mereka, pada hari ini ada berita gembira untukmu, surga yang mengalir di bawahnya sungai-sungai yang kamu kekal di dalamnya. Itulah keberuntungan yang banyak.

Dalam konsep biologi, laki-laki disimbolkan dengan “X” dan perempuan disimbolkan dengan “Y”, maka diperolehlah sebuah koordinat kartesian (X-Y) 2D. “Cahaya” adalah titik-titik perpotongan “di hadapan” sumbu X dan “di sebelah kanan” sumbu Y. “Surga” adalah visual/kurva/grafik yang diperoleh dari “mengalir”-kan atau menghubungkan titik-titik koordinat.

Kemudian, dengan mengikuti pola yang dijelaskan dalam Q.S. Al A’raf, 7:54; Ibrahim, 14:33; An Nahl, 16:12; Al Anbiya, 21:33; Yasin, 36:40; dan Fushilat, 41:37, maka tabel pertama di atas diberikan cermin di bawahnya. Salah satu dari ayat-ayat di atas menyatakan:

Dan Dia menundukkan malam dan siang, matahari dan bulan untukmu. Dan binatang-binatang itu ditundukkan (untukmu) dengan perintah-Nya. Sesungguhnya pada yang demikian itu benar-benar ada tanda-tanda (kekuasaan Allah) bagi kaum yang memahaminya (Q.S. 16:12).

Di dalam ayat tersebut dinyatakan “… malam dan siang, matahari dan bulan …” dan bukan “malam dan siang, bulan dan matahari” (gelap-terang – terang gelap) karena yang kita ketahui di malam hari ada bulan dan di siang hari ada matahari. Sedangkan di dalam ayat-ayat tersebut urutan pernyataan kedua selalu merupakan “pencerminan” dari urutan pernyataan pertama. Karena itulah, tabel di atas ditambahkan menjadi seperti gambar di samping.

Berdasarkan tabel di atas, maka akan diperoleh hasil pemetaan berupa gambar sebuah hati, lambang hari kasih sayang.

Dengan cara yang sama, kita akan mendapatkan gambar-gambar hati yang lain dari juz yang lain. Apakah ini suatu kebetulan? Wallahu a’lam…

Categories: Islam
  1. 13 February 2012 at 11:05 AM

    sungguh mencerahkan, terimakasih atas tulisannya..
    inilah bukti bahwa, Islam merupakan agama yang Ilmiah bagi “orang-orang yang berfikir”…

  1. No trackbacks yet.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: